Cegukan, Penyebab dan Cara Mengatasinya


Cegukan, Pemicu serta Langkah Mengatasinya

Apakah itu Cegukan?


Cegukan berlangsung saat kejang mengkontraksi organ diafragma, yakni lembaran otot besar yang memisahkan rongga dada dari rongga perut. Kejang ini mengakibatkan konsumsi napas mendadak dihentikan oleh penutupan pita nada (glotis). Penutupan ini mengakibatkan karakteristik nada " cegukan ".

Apa yang Mengakibatkan Cegukan?

Lambung yang sangatlah penuh bisa mengakibatkan serangan cegukan yang bisa hilang dengan sendirinya. Lambung yang terlampau penuh bisa dikarenakan oleh :
Makan terlampau banyak makanan dengan terlampau cepat.
Minum terlampau banyak alkohol.
Menelan terlampau banyak hawa.
Merokok.
Berlangsung pergantian suhu yang mendadak dalam lambung, seperti konsumsi makanan panas lalu minuman dingin.
Stres emosional atau keceriaan.

Berapakah Lama Cegukan Umumnya Berjalan?

Cegukan umumnya berhenti dalam sebagian menit hingga sebagian jam.
Cegukan yang berjalan lebih lama dari 48 jam dimaksud cegukan persisten. Cegukan yang berjalan kian lebih satu bulan dimaksud cegukan intractable. Walau sangatlah tidak sering, cegukan intractable bisa mengakibatkan kelelahan, kurang tidur, serta penurunan berat tubuh. Keduanya, cegukan persisten serta intractable, mungkin saja jadi sinyal permasalahan kesehatan yang lebih serius serta mesti di check oleh dokter.

Terdapat beberapa hal yang di ketahui jadi pemicu cegukan persisten atau intractable, seperti :
Permasalahan system saraf pusat, seperti kanker, infeksi, stroke, atau cedera.
Permasalahan dengan sistem kimia yang berlangsung pada badan (permasalahan metabolisme), seperti penurunan manfaat ginjal atau hiperventilasi.
Iritasi saraf di kepala, leher, serta dada (vagus atau saraf frenikus).
Anestesi atau operasi.
Permasalahan kesehatan mental.

Bagaimanakah Dokter Mendiagnosis Cegukan?

Cegukan yang berjalan sepanjang kurang dari 48 jam serta berhenti sendiri tak membutuhkan diagnosis dari dokter.

Kunjungi dokter bila alami cegukan sepanjang kian lebih 48 jam. Dokter bakal lihat kisah kesehatan serta bisa lakukan kontrol fisik untuk coba memastikan pemicunya.

Kontrol Fisik

Maksud dari kontrol fisik yaitu berusaha untuk mencari tahu apa yang mengakibatkan cegukan, seperti mengidentifikasi keadaan yang mendasari yang mungkin saja memberi peran pada permasalahan cegukan. Ruang badan yang mungkin saja bakal di check dokter diantaranya :
Kepala serta leher (termasuk juga mulut)
Dada
Abdomen (perut)
Kontrol Penunjang

Bila dokter mencurigai cegukan yaitu lantaran keadaan lain, mereka mungkin saja bakal mengarahkan untuk lakukan kontrol tersebut :
Tes darah untuk lihat adakah penyakit ginjal, hati atau diabetes
Kontrol roentgen dada untuk lihat masalah pernapasan
Elektrokardiogram (EKG) (tes yang mengukur kesibukan listrik di jantung) untuk mengecek keadaan jantung berkenaan.
Endoskopi dikerjakan untuk lihat kemungkinan penyakit Gastro-Oesophageal Reflux (mulas)

Bagaimanakah Cegukan diobati?

Beberapa besar serangan cegukan bakal hilang dengan sendiri dalam sebagian menit hingga sebagian jam serta tak membutuhkan penyembuhan apa pun.

Banyak perawatan simpel yang bisa dipakai untuk menyembuhkan cegukan. Beberapa besar dari usaha itu mempunyai tujuan untuk tingkatkan tingkat karbon dioksida dalam darah, yang umumnya bakal hentikan cegukan. Sebagian perawatan ini mencakup :
Menahan napas serta mengkalkulasi perlahan hingga 10.
Bernapas berkali-kali ke kantong kertas untuk periode waktu terbatas.
Minum satu gelas air dingin dengan cepat.
Makan satu sendok teh gula atau madu.
Tekan hidung waktu menelan
Berkumur dengan air
Menarik lutut ke dada, atau
Membungkuk ke depan untuk menghimpit dada

Bila ada keadaan kesehatan yang mendasari terjadinya cegukan, menyembuhkan masalah itu bakal menolong merampungkan permasalahan. Bila seorang alami cegukan yang berjalan sekian hari atau lebih lama, dokter mungkin saja bakal lakukan sebagian tes untuk singkirkan permasalahan yang lebih serius.

Sebagian keadaan yang mengakibatkan cegukan persisten serta intractable mungkin saja butuh dinilai serta diobati oleh dokter spesialis. Bila hal semacam ini berlangsung, dokter umum mungkin saja bakal mengacu ke kesehatan profesional yang sesuai sama, yang bakal lakukan penyelidikan selanjutnya serta mereferensikan penyembuhan yang pas.

Obat Cegukan

Bila cegukan bertahan sepanjang 48 jam atau lebih, serta di rasa butuh, dokter mungkin saja bakal meresepkan obat-obatan spesifik. Bila anak-anak yang alami cegukan persisten atau intractable, mereka umumnya mesti berkunjung ke dokter spesialis saat sebelum diberikan resep obat.

Obat untuk cegukan kerapkali cuma dipakai saat usaha-usaha perawatan sudah tidak berhasil atau bila tak ada pemicu yang mengakibatkan cegukan bisa diketemukan.

Dokter umumnya bakal meresepkan obat untu 2 minggu, serta dengan cara bertahap bisa tingkatkan dosis hingga cegukan dikendalikan. Lamanya saat konsumsi obat bakal bergantung pada situasi semasing perorangan, seperti :
Usia
Kesehatan dengan cara umum
Keparahan cegukan
Seluruhnya obat bisa mengakibatkan dampak samping. Oleh karenanya, saat sebelum mengkonsumsinya, mintalah anjuran dari dokter atau apoteker perihal potensi dampak samping yang mungkin saja dihadapi.

Siapa Saja yang bisa Terserang Cegukan?

Cegukan seringkali memengaruhi laki-laki dari pada wanita. Cegukan berlangsung nyaris pada tiap-tiap manusia, termasuk juga bayi serta orang dewasa.
You might also like :
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar