11 Khasiat Manfaat Asam Jawa | Kandungan dan Cara Mengolah



11 Manfaat Faedah Asam Jawa | Kandungan serta Langkah Memproses

Manfaat Faedah Asam Jawa | Artikel Panduan Kesehatan ~ Asam jawa (Tamarindus indica), asam atau asem adalah sejenis tumbuhan penghasil buah yang masam terasa ; umum dipakai juga sebagai bumbu beragam masakan serta bahan aneka obat tradisional.

11 Manfaat Faedah serta Langkah Memproses Asam Jawa

Di Indonesia terutama untuk orang-orang yang hidup di desa dapat dengan gampang temukan pohon asam lantaran umumnya dipakai untuk pembatas jalan serta sekalian tumbuhan peneduh.

Asam kawak adalah sebutan popular di Indonesia untuk buah asam yang telah masak serta dikupas dan sedikit dikeringkan umumnya berwarna hitam. Asam kawak inilah yang kerap diperdagangkan antar negara serta kita kerap melihatnya di pasar tradisional.

Faedah asam jawa bukan sekedar terbatas pada buahnya saja, namun mulai sisi daun, bunga, serta biji buahnya dapat juga digunakan. Bunga asam umumnya dipakai untuk pengembangan budidaya lebah madu, daun asam muda dipakai untuk pembuatan jamu tradisional, sedang biji buah asam digunakan untuk bahan baku pembuatan tepung.

Berbentuk product olahan, buah asam banyak dipakai dalam industri minuman paket (baik berbentuk bubuk ataupun cair), selai, gula-gula, dodol, sirup, serta obat tradisional.

Di sebagian toko/penjual buah mungkin saja sahabat kadang-kadang lihat buah asam yang di jual masih juga dalam situasi fresh (berbentuk polongan serta belum dikupas). Asam yang di jual berbentuk ini popular dengan nama asam thailand atau asam bangkok.

Kandungan serta Nilai Gizi Asam Jawa
Dalam laman Warintek-Ristek RI diterangkan, daging buah, daun, serta batang Tamarindus indica (asam jawa) memiliki kandungan senyawa kimia saponin, flavonoida, serta tanin.

Di bawah ini yaitu kandungan nilai gizi asam jawa @100g (lebih detilnya dapat dipandang di USDA)
Kandungan Nilai Satuan
Kalori 239, 00 kal
Air 31, 40 g
Karbohidrat 62, 50 g
Kalsium 74, 00 mg
Sodium 28 mg
Potasium 628 mg
Fosfor 113 mg
Protein 2, 80 g
Lemak 0, 60 g
Zat besi 0, 60 mg
Vitamin A 30, 00 SI
Vitamin B 0, 34 mg
Vitamin C 3, 5 mg

Faedah serta Manfaat Asam Jawa
Dari zaman nenek moyang, Asam Jawa terkecuali dipakai untuk kombinasi aneka menu masakan, juga digunakan juga sebagai bahan pembuatan obat-obatan tradisional untuk beragam jenis penyakit, salah satunya :
Bisul
Jerawat
Gatal berbentuk titik-titik merah bergelembung air
Gatal pada sisa luka yang telah kering
Nyeri haid pada gadis remaja
Haid bau anyir
Batuk kering
Sariawan
Keputihan
Campak
Borok

Langkah memproses Asam Jawa Jadi Obat
Di bawah ini yaitu tips perihal langkah memproses Asam Jawa jadi obat tradisional seperti diterangkan oleh Pusat Dokumentasi serta Info Ilmiah – Instansi Pengetahuan Pengetahuan Indonesia (PDII-LIPI) lewat laman warintek. ristek. go. id :
Menyembuhkan bisul. Ambillah asam kawak sebesar telur burung puyuh, di rendam dalam 1 gelas air hingga mengembang, 5 irislah temulawak yang dicuci dahulu saat sebelum diiris, gula aren untuk pemanis. Semuan dididihkan hingga airnya tinggal 1/2. Diminum 1x satu hari hingga sembuh. Untuk ditempelkan : asam kawak sebesar telur burung puyuh, sedikit garam serta sedikit minyak digabung serta dilumatkan. Tempelkan ke bisul.
Menyembuhkan jerawat. Siapkan asam kawak sebesar telur burung puyuh, 12 helai daun sambiloto, 10 irislah temulawak, kencur 5 cm, 1 sendok teh adas, 10 helai daun jintan, seluruhnya dicuci lantas lumatkan seluruhnya bahan. Beri 1 2/2 gelas air, saring serta ampasnya diperas dengan kain. Minum 3x satu hari. Untuk obat luar : asam jawa di beri air bersih, diremas-remas, disaring serta airnya digunakan untuk membersihkan muka mendekati tidur malam.
Gatal berbentuk titik-titik merah bergelembung air. 8 irislah temulawak (dicuci dahulu saat sebelum diiris-iris) serta gula aren di rebus dengan satu gelas air, hingga airnya tinggal 1/2. Masukkan asam kawak sebesar telur burung puyuh, aduk hingga asam keluar sarinya. Saring, minum sekali satu hari hingga sembuh.
Gatal pada sisa luka yang telah kering. (Langkah I) asam kawak dilembapkan dengan air bersih yang telah masak, lantas digosok-gosokkan ke sisa luka yang gatal. (Langkah II) 1 sendok makan penuh daun asam, sepotong empu kunyit, dicuci, dilumatkan, ditempel ke sisa luka yang gatal.
Menangani nyeri haid pada gadis remaja. (Langkah I) 10 irislah temulawak yang dicuci dahulu saat sebelum diiris, gula aren untuk melakukan perbaikan rasa, di rebus dengan satu gelas air hingga airnya tinggal 1/2. Masukkan asam kawak sebesar telur burung puyuh. Aduk hingga asamnya mengembang. Saring, lantas minum sekali satu hari sepanjang satu minggu saat sebelum haid. (Langkah II) Asam kawak sebesar telur burung puyuh, 10 irislah kunyit fresh yang dicuci dahulu saat sebelum diiris. Seduh dengan 1/2 gelas air. Tutup serta biarlah hingga hangat kuku. Saring. Ramuan ini untuk sekali minum. Kerjakan tiap-tiap pagi serta sore. Catatan : Ramuan asam kawak janganlah diminum oleh wanita hamil.
Menangani haid bau anyir. Asam kawak sebesar telur burung puyuh digabung dengan 10 irislah temulawak yang dicuci dahulu saat sebelum diiris serta irisan gula aren. Seduh dengan satu gelas air. Aduk rata. Sesudah dingin disaring. Diminum 1x satu hari sepanjang haid.
Menyembuhkan batuk kering. 2 gelas daun asam, 2 gelas daun saga, 5 cm kayu manis Cina dicuci, di rebus dengan 3 gelas air hingga airnya tinggal 2 gelas. Diminum siang hari, juga sebagai pengganti air minum umum. Ulangilah sepanjang sekian hari.
Menyembuhkan sariawan. 1 cangkir daun asam muda, sepotong kunyit 5 cm. Seluruhnya dicuci, kunyit diiris. Rebus dengan 4 gelas air hingga airnya tinggal 1/2. Agar terasa agak enak, bisa ditambahkan gula aren waktu merebus. Saring. Minum pagi serta sore. Ulangilah sepanjang sekian hari.
Menangani keputihan. Asam kawak sebesar kelereng, 25 helai daun beluntas dicuci, kunyit 5 cm dicuci, dikupas, sedikit gula aren. Daun asam serta kunyit dilumatkan, diseduh dengan 1/2 gelas air panas. Masukkan asam serta gula. Aduk-aduk hingga gula larut. Peras dengan kain. Diminum mendekati tidur malam sehari-hari.
Menyembuhkan campak. 1 gelas daun asam, 3 rimpang kunyit fresh dicuci, diiris, sedikit garam serta gula aren. Seluruhnya di rebus dengan 2 gelas air hingga airnya tinggal 1/2. Diminum pagi serta sore. Ulangilah sekedarnya.
Menyembuhkan borok (luka berair serta bernanah, gatal, serta pedih). Biji-biji asam dicuci, dikupas, dilumatkan. Tempelkan pada borok
gampang mudahan berguna........?
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar